Thursday, September 23, 2010

Tabung Gas Meledak 4 Lokal SD Dihabisi Sijago Merah


*Kerugian Ditapsir Hingga 350 Juta*

politiksaman.com-Lahat (23/09), Sedikitnya, 4 lokal bagunan Sekolahan Dasar (SD) Negeri 5 Desa Lubuk Dalam, Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, hangus disantap oleh sijago merah. Bahkan, akibat peristiwa ini, Pihak Sekolah mengalami kerugian sebesar Rp 350 Juta. Namun, beruntung saat peristiwa ini berlangsung tidak ada korban jiwa.

Meledaknya, tabung gas yang berukuran 3 kg ini.Yakni satu local ruang kantor dan tiga local ruangan belajar. Peristiwa itu terjadi, kemarin (23/09) sekitar pukul 12.00 Wib.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, amukan si jago merah terjadi pada saat sekolah tengah sepi, yakni usai jam sekolah berakhir. Bersamaan, para murid dan para guru telah pulang semua. Tidak lama berselang, dari penuturan warga setempat tidak lama para guru pulang dari sekolah, terdengar suara ledakan keras, sumber suaranya dari arah sekolah. Tidak lama kemudian menyusul terlihat kepulan asap diatas atap sekolah ternyata api telah melalap bagian atap seng bangunan sekolah.

Bangunan SD yang berada persis di tengah pemukiman desa, sontak membuat warga setempat kalang kabut. Namun, berkat kesigapan warga dengan perlengakapan seadanya berusaha memadamkan api dengan air. Kobaran api berhasil di padamkan sekitar satu jam kemudian.

Di tempat kejadian perkara (TKP), beruntung api hanya melalap bagian atap sekolah saja. Sementara, perabot sekolah yakni moubelier seperti meja, kursi, dan lemari tidak sempat hangus terbakar. Hanya saja, empat local bangunan yang rusak parah di bagian atap.

Kapolres Lahat, AKBP Drs IwanYusuf Chairudin, melalui Kapolsek Tanjung Sakti Pumi, Bripka Novi saat dikonfirmasi pihaknya membenarkan adanya kebakaran yang menghanguskan bangunan sekolah di Desa Lubuk Dalam.

“Sekitar pukul 12.00 WIB api berhasil di padamkan pukul 13.25 WIB atas bantuan warga setempat secara beramai-ramai,” terangnya.

Hasil olah TKP, dugaan sementara api berasal dari tabung gas yang meledak yang berada dapur yang ada di ruang kantor. Tambahnya, belum diketahui pasti pemicu suara ledakan tabung gas tersebut. Tim yang diterjunkan melakukan olah TKP telah mengamankan satu unit tabung gas 3 kg beserta tumpukan arang dari lokasi kejadian kebakaran.

“Akibat peristiwa kebarakan yang menghanguskan 4 lokal atap bangunan sekolah ini menyisakan kerugian mencapai Rp.350 juta, atas kejadian ini pihak aparat masih melakukan penyidikan lebih dalam guna memastikan penyebab kebakaran ini,” tukasnya, seraya mengatakan sejauh ini pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Kepala Sekolah SDN 5 Lubuk Dalam, guna untuk mengetahui koronologis awal. Ucap Nopi. (Firdaus*)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago