Wednesday, September 22, 2010

Siswa SMKN 1 Lahat Rakit Laptop


*Hasil Kerjasama Dengan Perusahaan Advan*

politiksaman.com-Lahat (21/09), Hasil kerjasama siswa Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lahat, Sumatera Selatan dengan Perusahaan Advan, belum lama ini cukup membanggakan. Bagaimana tidak, demi wujudkan sekolah menjadi business center (pusat bisnis, Red), para siswa di Sekolah saat ini mulai melaksanakan usaha perakitan laptop.

“Alhamdulillah kita diberikan kepercayaan, karena memang cukup lama kita menantikan kesempatan berharga ini. Nantinya sekolah juga akan menjualnya dengan harga yang relative jauh lebih murah,” ungkap Sutoko Kepala SMKN I Lahat.

Sutoko juga mengungkapkan perakitan laptop oleh siswa merupakan hasil kerjasama SMKN 1 Lahat dengan Perusahaan Advan. Dimana nantinya, pihak sekolah ini tidak hanya akan sekedar merakit semata, melainkan juga akan melayani pemesanan orang pribadi secara umum.

“Alhamdulillah kita diberikan kepercayaan, karena memang cukup lama kita menantikan kesempatan berharga ini. Nantinya sekolah juga akan menjualnya dengan harga yang relative jauh lebih murah,” ungkap Sutoko.

Sutoko menerangkan, ada beberapa type laptop merk Advan yang mereka tawarkan, mulai dari harga Rp.2,6 juta sampai Rp.5,5 juta per-unitnya, semua tergantung dari jenis dan spesifikasi yang akan tertera di dalamnya nanti. “Yang jelas, semuanya sangat kompetitif, baik dari keunggulan fitur atau dari segi harga jual yang ada.” Tutur dia.

Untuk itu, Sutoko berharap, masyarakat di Kabupaten Lahat kedepan juga bias ikut mendukung karya-karya putra daerahnya, diantaranya dengan membeli laptop rakitan anak sekolah yang kualitasnya tidak berbeda dengan rakitan pabrik.

“Mari kita dukung pengembangannya, karena langkah ini dapat menambah penghasilan siswa.” Tambah Sutoko.

Terpisah, Suhirdin mengatakan, pihaknya menyambut baik terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dengan perusahaan yang berniat ingin memajukan anak didik.

“Tahap awal laptop rakitan ini akan dijual terlebih dahulu di lingkungan sekolah, berikutnya ke masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Lahat,” ungkap Suhirdin.

Dikatakan Suhirdin, laptop merupakan perangkat canggih yang kegunaannya dapat mendukung aktivitas pemakainya, dan Suhirdin mengatakan bahwa saat ini merasa bangga, karena anak SMKN 1 Lahat dapat merakit sendiri laptop yang merknya cukup terkenal itu.

“Inilah yang kita inginkan, bukan sekedar memakai tetapi mampu merakit dan memasarkannya kepada masyarakat luas,” katanya.

Dirinya berharap, adanya aktivitas perakitan laptop oleh siswa SMKN 1 Lahat dapat menambah penghasilan bagi siswa yang berperan. “Jika unit usaha ini maju, siswa dapat mengurangi beban orangtuanya karena sudah memiliki penghasilan sendiri.” Imbuhnya.

Suhirsin juga menjelaskan, seluruh jurusan yang ada di SMKN 1 Lahat memiliki minimal satu unit usaha. “Tidak mustahil hal itu tercapai karena SMK ini memiliki peralatan dan mesin yang memadai, sehingga siswa tidak hanya dituntut belajar tetapi juga diarahkan bagaimana caranya untuk memberikan penghasilan tambahan bagi siswa-siswa yang ada.” Pungkas Suhirdin. (Firdaus*)

2 komentar:

MLADASS said...

waoww mantap !!! saya sebagai alumni SMK N 1 lahat ikut merasa bangga.
bisa kita pesan satu unit ?

Anonymous said...

Saya memang bangga pada kelas xI(2) sudah jadi anggota tim perakitan notebook di SMK N 1 lahat. Namun kualitas notebook advan tersebut kurang memadai dalam artian barang yang saya rakit (notebook) baru pakek 1,5 tahun sudah jadi bangkai. Mohon ditingkatkan lagi kalo memang SMK N 1 LAHAT ingin menjual produk Notebook dan Laptop di Bisnis Center.

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago