*Dahlan Iskan : Akhir Oktober, Pasang Baru Lahat Dilayani*
politiksaman.com-Lahat (20/09), Direktur Utama (Dirut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dahlan Iskan, mengunjungi kantor PLN Cabang Lahat, Sumatera Selatan. Ia mengatakan, untuk kedepan Pihaknya akan melakukan pembenahan terkait masalah listrik (20/09).
" Lampu paling lama mati 3 jam dan harus kembali dinyala. Termasuk pada konsumen wilyah kabupaten Lahat, sebab itu Lahat tidak butuh Pembagkit Listrik yang baru." Kata Dahlan (20/09).
Hal ini diungkapkannya, ketika menyambangi kantor Cabang Lahat, yang langsung di sambut oleh Kepala Kantor Cabang PT PLN Lahat, serangkaian dengan agenda kunjungan kerjanya di seluruh Indonesia, terutama kali ini di Sumatera.
Dahlan bahkan langsung berkenan menghampiri loket pembayaran rekening listrik pelanggan, yang kebetulan juga saat itu sedang kondisi yang ramai di padati warga masyarakat. Bahkan, Dahlan juga sempat ‘melayani’ langsung konsumen yang ada, serta mempertanyakan kondisi kelistrikan di daerah atau wilayah masing-masing konsumen yang ada.
Ketika di singgung oleh wartawan masalah masih banyaknya pelanggan yang saat ini masuk dalam daftar tunggu pemasangan jaringan baru di jumpa pers, Dahlan menjelaskan bahwa sebenarnya untuk masalah satu ini adalah masalah Nasional, atau tepatnya sekitar 2,5 juta penduduk atau calon pelanggan yang ada, dan ada banyak factor yang menyebabkannya hingga saat ini.
Itu masalah Nasional, dan salah satu penyebabnya adalah kemarin Indonesia masih dalam status defisit listrik. Tapi semuanya saat ini sudah bias diatasi.
Selain itu, dirinya juga mengakui, dengan telah selesainya masalah deficit listrik yang ada, minimal hingga akhir September ini, maka di bulan berikutnya, atau di Oktober akhir nanti, di rencanakan untuk masing-masing cabang PLN se-Indonesia akan mendapatkan jatah pemasangan jaringan baru yang ada.
Dahlan bahkan berani memasang target bahwa di akhir tahun 2010 ini, semua masalah pemasangan jaringan bias selesai, dengan semua pengembangan dan inovasi terkini nantinya, hingga 2010 akhir, dan jika semuanya berjalan lancar.
Saat menjawab pertanyaan mengenai masih seringnya terjadi Byarpet listrik di Lahat. Di pastikan oleh Dahlan sesungguhnya itu semua bukan lagi karena masalah kurangnya pasokan listrik yang ada. Lahat saat ini untuk stok listriknya sudah aman dan terpenuhi adanya, jika masih ada pemadaman, kemungkinan besarnya ada gangguan alat dan sistemnya di lapangan.
Lahat stoknya aman dan malahan mencukupi. Pasti jika ada pemadaman, itu karena ada gangguan teknis di lapangannya, seperti pohon tumbang, kecelakaan, dan gangguan hewan lainnya.
Guna mengatasi hal ini, dalam waktu dekat pula dirinya menginstruksikan agar petugas di lapangan bias cepat tanggap, dan gampang membaca situasi terkini. Seperti pada Trafo, di lapangan sebenarnya bias di lihat tanda-tandanya, oleh karena itu, minimal 1 minggu sebelum adanya gangguanpun, petugas PLN seharusnya sudah bias membaca situasinya.
Setelah menyambangi Lahat, Dirut PT PLN ini di rencanakan langsung melanjutkan perjalanannya ke Musi Rawas, Bangko, Bengkulu, dan seterusnya, hingga rangkaian kunkernya di Sumatera selesai guna memantau masalah kelistrikan yang ada. (Firdaus*)


0 komentar:
Post a Comment