Thursday, September 23, 2010

68 Desa Di Mura Terima Dana 8, 840 Miliar


politiksaman.com-Musi Rawas (22/09), Sebanyak 68 desa dalam 21 kecamatan di Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan pada tahun ini menerima Anggaran Dana Desa (ADD) senilai Rp8,840 miliar.

"Anggaran Dana Desa atau ADD yang diterima per desanya sebanyak Rp130 juta, yang di kucurkan Pemkab Musi Rawas diambil dari 10 oersn PAD daerah ini," kata Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelurahan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Musi Rawas, Yulius Hadi, Rabu.

Dana yang diterima oleh masing-masing desa tersebut kata dia digunakan untuk membiayai Tunjangan Perangkat Aparatur Desa (TPAD), untuk dana tanggap darurat, honor guru ngaji dan pembiayaan pembangunan proyek fhisik.

Sejauh ini desa-desa penerima bantuan masih mengalami permasalahan tekhnis terutama untuk tenaga penyusunan permintaan pembangunan kegiatan fhisik, pembuatan gambar serta Rencana Anggaran Biaya (RAB). Sedangkan untuk pembuatan laporan pertanggungjawaban serta tenaga pelaksanaan kegiatan tidak mengalami kendala.
Desa-desa yang menerima anggaran ini umumnya desa-desa yang tidak termasuk dalam penerima bantuan proyek yang sumbernya dari APBD setempat.

"Kalau salah satu desa sudah dapat dana ADD, maka proyek sejenis tidak di berikan kepada desa tersebut. Kalau mereka dapat dapat lagi tapi sumber pendanaannya dari APBD provinsi ataupun dari APBN," terangnya.

Sementara itu Ghufron, Kepala Desa Air Satan, Kecamatan Muara Beliti salah satu desa penerima bantuan ini mengatakan, dana tersebut mereka terima pada awal September lalu senilai Rp130 juta yang digunakan untuk pembiayaan pembangunan di desa mereka.
Selain digunakan untuk membayar honor ketua dan anggota BPD, guru ngaji, perangkat desa juga di gunakan untuk pembangunan jalan setapak sepanjang 150 meter. (polsaman)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago