Thursday, September 23, 2010

238 Desa Di Mura Selesai Laksanakan Pilkades


politiksaman.com-Musi Rawas (21/9), Sebanyak 238 desa dari 258 desa di Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan, selesai melaksanakan pemilihan kepala desa.

"Dari 258 desa di Kabupaten Musi Rawas, yang sudah melaksanakan pemilihan kades sebanyak 238 desa. Sedangkan 20 desa lainnya baru selesai melaksanakan pemilihan dan ada beberapa desa baru akan melaksanakannya pada Oktober 2010 mendatang," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Musi Rawas, Yulius Hadi, Selasa.

Dari 20 desa tersebut kata dia, sembilan desa lainnya baru selesai melaksanakan pemilihan dan sudah dilantik oleh bupati Ridwan Mukti.

Kemudian delapan desa lainnya sudah melaksanakan pemilihan tapi belum dilantik dan tiga desa lainnya baru akan melaksanakan pemilihan pada bulan Oktober mendatang.
Pemilihan kepala desa (Pilkades) di daerah itu belakangan ini gemanya tidak kalah dengan pemilihan anggota legislatif, karena tingginya biaya yang dikeluarkan seorang kandidat untuk menduduki jabatan tersebut.

Pilkades didaerah itu kata dia belakangan sudah menjadi ajang pertarungan tokoh masyarakat di desa masing-masing yang tidak segan-segan mengeluarkan dana hingga ratusan juta. Pada hal biaya penyelenggaraannya dibiayai oleh pemkab setempat.

"Biaya tidak resmi yang di keluarkan masing-masing kandidat bisa mencapai ratusan juta yang digunakan untuk menjamu makan warga se desa, mengadakan hiburan musik hingga kepada pemberian bantuan untuk warga desa," katanya. (polsaman)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago