Wednesday, June 9, 2010

Penerbangan Perdana Bandara Silampari Baru Layani Rute Jakarta


politiksaman.com-Musi Rawas (09/06), Hari ini bandara Silampari Musi Rawas mulai sibuk melayani penumpang yang akan memamfaatkan penerbangan perdana rute Jakarta-Lubuklinggau dari Bandara tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Musirawas Ari Narsa JS mengatakan, antusias masyarakat untuk memamfaatkan pengoperasian Bandara tersebut cukup tinggi. Hal tersebut terukur dengan banyaknya penumpang yang masuk daftar tunggu.

Sedangkan untuk hari ini (09/06) penumpang dari jakarta maupun dari Lubuklinggau menuju Jakarta telah habis tiketnya, dan kursi penumpang full. Namun untuk sementara penerbangan reguler hanya melayani rute Lubuklinggau-Jakarta , pulang pergi (PP).

Rencananya dalam satu minggu pihanya akan melakukan empat kali penerbangan, yaitu hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, dimana dalam satu hari melayani satu kali penerbangan PP (pulang-pergi).

“Untuk rute penerbangan lainya seperti Lubuklinggau-Palembang, sementara belum bisa dilayani sebab kita masih mempersiapkan fasilatas pelayanan pendukung lainnya seperti kantor dan kendaraan angkut barang dari pesawat menuju Bandara dan lainnya. Tetapi dalam waktu dekat ini, kita siap melayani penerbangan Lubuklinggau-Palembang,” ungkap Kadis Hubkominfo Kabupaten Musi Rawas ini(09/06).

Ia Juga menambahkan untuk rute Lubuklinggau-Jakarta harga tiket dipatok Rp 650 ribu. Pada penerbangan pertama ini respon masyarakat didaerah maupun luar cukup tinggi. Pesawat dari Jakarta yang berangkat pukul 10.45 mengangkut sekitar 25 penumpang.

Sementara dari Lubuklinggau-Jakarta yang berangkat pukul 12.00, jumlah kursi jika terisi penuh yaitu berkapasitas 60 penumpang. Dan hari (09/06) ini pada penerbangan perdana kursi pesawat telah terpesan penuh.

“Pesawat BAE 146 bermesin jet milik maskapai Aviastar ini memang berkapasitas 84 penumpang. Namun dengan kondisi runway saat ini yang panjangnya 1.350 meter, kapasitas maksimal penumpang dibatasi 60 penumpang,” ujarnya.

Bupati Musirawas Ridwan Mukti yang ikut dalam penerbangan perdana dari bandara Soekarno Hatta-Silampari mengatakan, dengan mulai dioperasikannya bandara Silampari, merupakan tahap awal dibukanya jalur penerbangan.

kepada pihak penyedia jasa penerbangan yang bekerjasama dengan bandara Silampari, agar bisa segera mengevaluasi untuk penerbangan setiap hari.

" Dalam sistem dagang, tentunya hoki itu muncul diawal kita membuka usaha, dan dengan penuhnya kursi yang dipesan pada penerbangan perdana ini, kita berharap ini adalah pertanda baik, " ukar Ridwan Mukti pada pidato lounching penerbangan perdana di Bandara Silampari(09/06).

Direktur PT Komala Edwin Wijaya, selaku penyedia jasa penerbangan yang menggaet maskapai Aviastar untuk beroperasi di Musirawas mengatakan, dua pekan kedepan, rute Lubuklinggau-Palembang segera dibuka.

“Kita lihat antusias masyarakat disini cukup tinggi, sehingga kemungkinan penerbangan setiap hari bisa cepat terlaksana, tinggal mengatur jadwalnya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat juga akan melayani rute ke kota-kota lain seperti Jambi, Padang, Batam dan lainnya,” ujarnya.

Sedangkan beberapa penumpang menuturkan bahwa harapan mereka pengoperasian Bandara Silampari ini dapat dilakukan setiap hari, Muklis (50) warga Kayu Ara salah seorang penumpang yang akan berangkat ke Jakarta merasa sangat terbantu dengan pengoperasian bandara ini, karena dirinya seorang pelaku bisnis, masalah waktu dan kepuasan pelayanan adalah hal yang sangat diharapkan.

" semoga pengoperasian ini tidak sekedar, sekali ini saja. Sebab dengan pengoperasian ini, setidaknya kami pelaku bisnis terbantu dengan mempersingkat waktu " ujarnya. (edo*)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago