Friday, February 26, 2010

KPU Mura : DPT disahkan 1 April 2010


politiksaman.com-Musi Rawas (26/02), hari ini PPK Muara Beliti resmi dilantik oleh KPU Musi Rawas. Acara yang dihadiri oleh unsur Muspida ini cukup meriah dan antusias, karena dibarengi dengan bimbingan teknis PPS oleh KPU.

Dalam kesempatan ini yang dihadiri seluruh anggota KPU Musi Rawas, setelah PPK dilantik oleh Ketua KPU Efriansyah sesi tanya jawab dalam bimbingan teknis PPS cukup alot. Perdebatan adalah dalam hal pemutahiran DPT dan permasalahan umum yang sering muncul dalam pendataan yang akan dilakukan ole PPDP (Panitia Pemutahiran Data Pemilih) disetiap kelurahan atau desa.

Sukarmin PPS Ketuan Jaya, menanyakan bagaimana solusi DPT yang desa mereka baru saja dimekarkan, jadi DPT mereka masih banyak ganda.

" Pak KPU kami ingin menanyakan apa langkah yang harus kami lakukan tentang masalah DPT yang kemungkinan banyak ganda didesa kami, karena desa kami baru dimekarkan. Jadi data masih di Desa Induk " tanyanya.

Hal serupa juga ditanyakan oleh Hanan dari PPS Desa Durian Remuk yang mengatakan pada tahun lalu data DPT mereka hanya 955 pada pilkada Pileg, Pilgub dan Pilpres, sekarang didata DP 4 capil dikeluarkan sebesar 1343.

" Pak Nopri, kami bingung data yang diberikan pada kami pada DPT sementara yang dikeluarkan Diskucapil DPT-nya sebesar 1343 sedangkan pada pilkada beberapa waktu lalu hanya 955 orang, dan kemungkinan penambahannya amat kecil, jadi pa yang mesti dilakukan ?, ujarnya.

Nopriansyah selaku devisi Teknis menjawab bahwa jika nama dan tempat tanggal lahir itu sama, seperti di Desa Ketuan Jaya pasti mudah ditemukan. karena seperti kemaren KPU menemukan 10.000 lebih data ganda.

Bagaimana caranya, Nopriansyah menjelasakan bahawa pengecekan itu dilakukan dengan mengecek NIK (nomor Induk Kependudukan) dan daftar nama DPT juga disusun sesuai dengan Abjad.

" untuk mengecek data ganda setelah di cek dilapangan oleh PPDP nanti selama i bulan maka, dengan memasukan nama dan NIK kita akan lihat data-data yang ganda. Contoh misalnya nama Rahman Senin, ketika kita memasukan data tersebut dikomputer Operator dengan juga mencantum NIK-nya maka akan terlihat jika ada data yang ganda, " jawab Nopri.

KPU Musi Rawas juga menjelaskan KPU berani mengubah data DPT setelah ada laporan dari PPK, kemungkinan ada data ganda itu tinngi, karena itu PPDP diberikan waktu 1 bulan untuk melakukan pemutahiran data dengan SK yang berlaku selama 1 bulan ini diharapakan pada pertengahan Maret, berkisar tanggal 15 Maret DPT harus diserahkan PPK ke KPU.

(EDO)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago