Thursday, February 25, 2010

Kalangan Dan 20 SMA Se-Kabupaten Musi Rawas akan Didatangi KPU Mura


politiksaman.com-Musi Rawas (25/02), berusaha memaksimalkan sosialisasi Pilkada Musi Rawas, KPU tidak tanggung-tanggung. Setelah selesai melakukan sosialisasi kekecamatan-kecamatan sebanyak 21 kecamatan nanti mereka akan masuk ke sekolah-sekolah.

Dalam hal ini KPU Musi Rawas telah mencetak 1000 Komik untuk Pemilih Pemula. Target mereka adalah para murid SMA kelas tiga yang telah memiliki hak pilih, dan komik yang dibagikan tersebut memiliki target minimal agar murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat memahami hak mereka, dan bagi yang telah menginjak usia 17 tahun dapat memahami mereka memiliki hal pilih.

menurut Anggota KPU Musi Rawas Devisi Sosialisasi, Komik tersebut memungkinkan memberi motivasi bagi para murid atau pemilih pemula untuk masuk kebilik-bilik suara sebagai bentuk dari amanat demokrasi.

" Data yang kita dapat dari Diknas ada 20 Sekolah Menengah Atas yang rata-rata jumlah muridnya 150 hingga 200 orang, seperti contoh kemarin SMU I Tugumulyo punya 200 orang Murid pada pemilu Legislatif yang ikut mencoblos karena kita sosialisasikan kemereka. " Tegas Ngimandudin ini.

Sosialisasi dikalangan pelajar merupakan sebuah tindakan yang mesti mendapatkan suport dari semu kalangan, karena jika salah-salah mereka tidak akan mengunakan hak pilih mereka. Padahal jika dikalkulasikan jumlah mereka sangat signifikan. Dan bukan hal yang aneh jika mereka menjadi rebutan pada bakal calon kandidat untuk dijadikan target penjaringan massa dukungan mereka.

Namun masalah waktu untuk mensosialisasikan ke SMA-SMA ini masalah menunggu sosialisasi kecamatan selesai, namun menurut KPU hal ini akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum mereka melakukan UN (Ujian Nasional) dan Liburan.

Selain itu KPU Juga menjadwalkan untuk terjun langsung bersentuhan dengan masyarakat dipedesaan dengan menerjunkan anggota KPU kekalangan-kalangan (pasar Tradisional) dengan target memaksimalkan sosialisasi bahwa tanggal 5 Juni 2010 Kabupaten Musi Rawas akan melakukan pemilihan kepala daerah dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lupa dan bersiap-siap mengunakan hak pilih mereka.

Menurut Kenny Devisi Hukum KPU, kegiatan ini merupakan terobosan mereka untuk mencounter minimnya sosialisasi Kandidat yang akan ikut bursa pilkada dan Media massa yang sulit menjangkau pelosok-pelosok wilayah kabupaten Musi Rawas yang memiliki luas wilayah 1,4 juta Kilometer persegi atau lebih luas dari Provisi Bengkulu.

" Kita berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan Pilkada Musi Rawas kali ini, dan kami KPU berharap tidak ada masyarakat Musi Rawas yang tidak mendapatkan informasi bahwa tanggal 5 Juni nanti mencoblos, " Ujar keny.

Kendala Sosialisasi ini memang amat menjadi catatan di Kabupaten Musi Rawas apalagi saat ini cuaca tidak bersahabat karen masuk musim penghujan, sedangkan mayoritas penduduk Musi Rawas tinggal di pedesaan yang sulit dijangkau dengan kendaraan ditambah lagi bencana banjir yang hingga saat ini di tiga kecamatan Muara Kelinggi, Muara lakitan dan Bulang Tengah Suku Ulu (BTS ULU) air belum surut dan kendaraan belum bisa mengunakan jalan-jalan karena tergenang air rata-rata 50-70 centimeter.



(Edo)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago