Tuesday, August 24, 2010

Tim Kementrian Nakertrans RI Tinjau Lokasi Pembangunan KTM


politiksaman.com-Lahat (24/08), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan H Hasnul Basri HS SH MM mengatakan, tim dari kementerian tenaga kerja dan transmigrasi Republik Indonesia (RI) telah meninjau ke lokasi pembangunan wilayah kota terpadu mandiri (KTM).

“Tim dari kementerian tenaga kerja dan transmigrasi RI telah meninjau dan melihat dari dekat lokasi yang bakal di jadikan pembangunan KTM di Kecamatan Kikim Selatan.” Katanya kemarin (24/08).

Saat ini, warga di tiga desa yakni, Padang Merindu, Beringin Jaya, dan Lubuk Lengkuang, Kecamatan Kikim Selatan telah sepakat dan menerima secara positif atas gagasan pembangunan KTM di wilayah mereka.

Selain itu, jalan alternatif pun telah ditinjau dan akan dibangun, sehingga ketika jalan utama sulit dilalui, maka ada jalan lain, guna sampai ke lokasi KTM, selain itu, daerah kikim area kini telah membudidayakan pertanian kacang kedelai.

“Sesuai dengan panen kacang kedelai belum lama ini oleh Menteri Pertanian, Gubernur, Bupati. Sehingga warga di kawasan tersebut berlomba-lomba menanam kacang kedelai.” Ungkap Hasnul.

Sementara itu, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE mengatakan, dengan adanya pembangunan KTM ini akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di tiga desa tersebut.

“Dengan demikian, peningkatan jumlah penduduk akan naik, sehubungan rencana pembangunan KTJM, akan tetapi dari segi positifnya, tentunya akan menambah taraf hidup mereka, sebab, akan didirikan kota berikut sarana dan prasarana yang disediakan,” Ujar Aswari.

Disamping itu, kepada Kadisnakertrans untuk dapat memastikan, apakah daerah tersebut sudah clear and clean (tak memiliki masalah, red), dan dipastikan akan dibantu melalui dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2011. “Tentunya ini membantu masyarakat, belum lagi sumber daya alam (SDA) yang begitu melimpah seperti, perkebunan kelapa sawit, karet dan sumber minyak dan gas (migas) pun tersedia di Kikim Area,” tutur Aswari lagi.

Menurutnya, areal lahan yang begitu luas bagi pertanianpun tersedia di Kikim Area ini, sehingga dapat dipastikan pembangunan KTM ini akan tercipta dan maju. “Jadi tidak ada kata lain, selain maju dan percepat rencana pembangunan KTM tersebut, demi arah pembangunan yang baik dan terarah untuk Bumi Seganti Setungguan ini.” Tukasnya. (firdaus*)

1 komentar:

erna eddi said...

Kabupatin lahat untuk meningkatkan pendapatan daerah saya ada beberapa saran diantaranya majukan perkebunan karet rakyat yang terurus dari benih,sampai pemeliharaan ikut perusahaan perkebunan swasta sebab BUMN jrg untung kopi sudah tdk sesuai lagi karena hasil 1 thn sekali dan daera yang datar tanamla kelapa sawit tapi ingat jalan untuk pengelaran hasil mesti dibangun

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago