Friday, June 4, 2010

Alek Noerdin : Masyarakat Harus Gunakan Hak Pilihnya


politiksaman.com-Musi Rawas (04/06), Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengimbau masyarakat di lima kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada Sabtu (5/6), menggunakan hak pilih secara benar.

"Pilkada ini untuk memilih pemimpin di daerah masing-masing lima tahun ke depan, untuk itu warga diimbau untuk menggunakan hak pilih dengan baik. Jadi kalau mereka tidak menggunakan hak pilih, belum pada pemilihan selanjutnya mereka bisa melakukannya lagi," kata Gubernur Alex Noerdin saat meninjau kesiapan KPU Musi Rawas untuk melaksanakan pilkada di daerah itu, Jumat siang.

Ia mengatakan, besarnya partisipasi masyarakat lima daerah di Sumsel dalam menggunakan hak pilihnya akan berpengaruh terhadap eksistensi pemimpin di daerah masing selama lima tahun kedepannya.

Pilkada secara serentak dilaksanakan di lima kabupaten, yaitu Musi Rawas, Ogan Ilir (OI), Ogan Kemering Ulu (OKU) Induk, OKU Timur dan OKU Selatan,

Bagi kandidat yang bertarung di masing-masing wilayah diminta untuk menjunjung "fair play", sehingga nantinya hanya pemimpin yang terbaik saja yang akan mendapat dukungan dari masyarakat.

Dari peninjauan yang dilakukan gubernur di lima kabupaten di Sumsel yang akan melangsungkan pilkada itu, bupati Ogan Ilir menjanjikan "reward" kepada petugas tempat pemungutan suara (TPS) yang tingkat partisipasi masyarakatnya tertinggi di antara TPS lainnya.

Sementara hal yang sama juga dijanjikan kepada lima KPU di Sumsel yang akan menyelenggarakan pilkada serentak. Jika pada pelaksanaannya berlangsung aman, tertibkan dan penghitungannya berlangsung cepat.

"Saya janjikan penghargaan untuk ketua dan anggota KPU dari lima kabupaten di Sumsel yang dalam pelaksanaan pilkada berlangsung aman, tertib serta penghitungan suaranya berlangsung cepat," katanya.

Sementara itu, anggota KPU Musi Rawas Divisi Logistik Suherdi menuturkan, pendistribusian logistik untuk pelaksanaan pilkada di daerah itu sampai H-1 selesai 100 persen.

Pendistribusian logistik pilkada untuk 1.206 TPS sudah dilakukan sejak 31 Mei lalu, terutama untuk lokasi TPS terjauh seperti sejumlah TPS di Kecamatan Rawas Ilir, Ulu Rawas, Muara Lakitan dan Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu.

Logistik tersebut di distribusikan kepada 21 Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), yang selanjutnya didistribusikan ke TPS. (edo)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago