Tuesday, August 31, 2010

Rudi : Saya Prihatin Dengan Fenomena Pilkades Saat Ini


politiksaman.com-Musi Rawas (31/08) Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Politik Kabuapten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan prihatin dengan fenomena yang terjadi pemilihan kepala desa yang disinyalir dilakukan dengan menghambur-hamburkan uang hingga ratusan juta.

Hal ini disampaikan Kaban kesbanglinmas Mura, Rudi Irawan diruang kerjanya. Ia sangat prihatin mendengar adanya informasi dari masyarakat untuk para calon kades yang ikut dalam pemilihan kades banyak yang mengahbiskan dana pribadi dari puluhan juta hingga ratusan juta. Ia khawatir fenomena ini akan membuat kinerja kades yang terpilih tidak lagi respeck dengan rakyatnya.

"Saya mendengar ada beberapa daerah yang calon kadesnya banyak menghabiskan dana untuk mencalon kades, ini sangat mengkhawatirkan. Sebab darimana mereka akan mengembalikan dana pencalonan tersebut nantinya, dan saya berharap hal ini dapat ditanggulangi kedepan " kata Rudi,

Ia menghimbau kepada panitia pencalonan kades didesa yang sedang menyelanggarakan pilkades dan juga para calon kades untuk tidak menghabur-hamburkan uang pribadinya untuk mencoba memenangkan bursa pilkades, karena jika hal ini dilakukan akan berdampak buruk bagi kondisi sosial dimasyarakatnya sendiri. Dan sudah banyak contoh calon yang kalah mangalami kesulitan ekonomi dan masalah lainnya karena aset-saet pribadinya terjual untuk membiayai pencalonan mereka.

Selain itu Rudi juga meminta kepada panitia pemilihan kades untuk tidak membuat anggaran yang tidak sesuai dengan aturan hukum yang ada dan membebani para clon kades, karena yang dibutuhakan pemerintahan daerah adalah pemimpin-pemimpin desa yang cakap, faham akan masalah masyarakatnya dan mampu menopang program pemerintahan daerah untuk diterapkan didesa mereka masing-masing.

"Jika kita merasa belum cakap tak perlu ikut dalam bursa pencalonan, jika hanya bermodalkan uang tanpa kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, nantinya akan sulit memaksimalkan program daerah didesa yang mereka pimpin, " ungkap Rudi.

ia juga mengatakan bahwa ia sangat berharap kedepan para kepala-kepala desa yang terpilih dari 200 lebih pilkades dari 2009 dapat benar-benar mampu menjadi pemimpin yang memberikan kemandirian desa serta menjalankan program-program yang ada. (polsaman)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Pengunjung

ARSIP

PROFILE TOKOH

PUISI & SASTRA

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 years ago